Sunday 30 November 2014

Sarana Penunjang Proses Mesin Injection

Sarana Penunjang Proses Injecton


     Dalam proses mesin injection dibutuhkan sarana-sarana penunjang untuk memperlancar proses injection.
Berikut ini adalah sarana-sarana penunjangnya.

  1. Cooling tower  adalah suatu alat yang berfungsi sebagai pendingin air yang telah digunakan untuk mendinginkan cetakan dan cooling tower.Cara kerja cooling tower adalah air dalam bak pendingin dipompakan ke pemakaian seperti heat exchanger  atau pendingin oli dan cetakan.Kemudian air bersikulasi dalam heat exchanger dan cetakan dan keluar menuju cooling tower bagian atas dan dipercikan dan turun ke kisi untuk didinginkan oleh angin yang dihisap oleh kipas.Dan setelah didinginkan air tersebut ke bak cooling tower untuk disirkulasikan kembali.
  2. Chiller adalah suatu alat yang digunakan  untuk mendinginkan air dengan temperatur di bawah suhu ruang.Air tersebut didinginkan menggunakan freon .Fungsi utama chiller adalah sarana pembantu untuk mengurangi penyusutan dimensi produk dan dapat juga mepercepat cycle time.Dampak negatif dari pemakaian chiller apabila temperatur di set terlalu dingin dapat membuat cetakan berembun dan mengakibatkan karat pada cetakan.
  3. MTC mold temperatur controler adalah alat untuk mengatur temperatur mold biasanya mtc ini di-set di atas suhu ruang.MTC ini menggunakan air atau oli yang dipanaskan oleh heater / elemen pemanas dan di sirkulasikan kedalam saluran pendingin dalam cetakan.Untuk temperatur di bawah 80°c menggunakan media air,sedang temperatur di atas 80°c menggunakan fluida oli.Fungsi dari MTC ini adalah untuk memperbanyak penyusutan produk,membuat permukaan produk mengkilap serta memperlancar aliran flow material sewaktu proses injeksi ke dalam mold.Dampak negatif pemakaon MTC membuat temperatur mold lebih panas dari suhu kerja normal mold dan mengakibatkan bagian - bagian mold yang bergerak bila kurang mendapatkan pelumas akan cepat aus
  4. Robot adalah suatu alat yang berfungsi membuat kerja mesin otomatis dan stabil.
  5. Kompresor adalah suatu alat yang digunakan untuk memompa angin kedalam tanki angin.Angin bertekanan ini digunakan sebagai tenaga penggerak robot .

2 comments:

  1. penerbitnya siapa iya guys ?

    ReplyDelete
  2. Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk cooling tower chiller dan waste water treatment plant untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
    WA:081310849918
    Terima kasih

    ReplyDelete