Saturday 29 November 2014

Cara Kerja Mesin Injeksi Plastik

Siklus Mesin Injection

       Prinsip mesin injection adalah proses cara kerja mesin dalam pemrosesan dari bahan dasar plastik menjadi sebuah produk ,dan lamanya waktu siklus tersebut disebut Cycle Time.

Prinsip kerja mesin secara umum adalah sebagai berikut :
dimulai dari tombol auto di tekan maka cetakan akan menutup hingga rapat dan ditekan dengan tekanan tertentu,biasanya adalah 110 kg/cm² s.d 140 kg/cm² atau disebut dengan mold close high press.
Kemudian injection unit maju hingga nosel menyentuh sprue bus cetakan dan pergerakan ini dibatasi dengan sebuah sensor injection forward.Bersamaan sensor inj. unit forward tersentuh timer inject hitung waktu .Fungsi timer inj. tsb untuk menentukan lamaya proses pengisian material kedalam mold atau cetakan.
Setelah timer inject habis hitung waktu timer cooling time mulai hitung waktu bersamaan itu screw berputar melakukan pengisian material dalam barrel (charging) .screw tersebut berputar dan bergerak mundur hingga sensor pengisian material dalam barrel tersentuh (menentukan banyaknya material yang dibutuhkan menjadi 1 produk).
Setelah Timer cooling habis hitung waktu cetakan mulai membuka hingga sensor open stop tersentuh dan cetakan pun berhenti membuka.
Setelah sensor open stop tersentuh ejector bergerak maju untuk mengeluarkan produk dari cetakan setelah produk terdorong keluar ejector bergerak mundur kemudian mold bergerak menutup kembali seperti pada proses semula.
Begitu seterusnya proses tersebut berlangsung.
Sebenarnya proses tersebut diatas adalah secara garis besarnya saja.
Di lain kesempaatan akan saya uraikan lebih detail.

Terima kasih



1 comment:

  1. Saat mode manual tekanan injection dan charging normal tapi saat auto tekanan injeksi melemah dan putaran charging pelan, masalahnya apa ya pak?

    ReplyDelete